7 Tips Sehat untuk Programmer

Artikel ini dimaksudkan untuk pembelajaran kita atau membuat kita untuk introspeksi diri tentang gaya hidup kita. Dengan artikel kita kami hanya ingin berbagi beberapa tips yang dapat membantu Anda tetap sehat sebagai programmer.

Sementara programming tidak dianggap sebagai pekerjaan berbahaya dengan banyak resiko.Jjumlah yang mengejutkan developer menderita masalah kesehatan. Duduk dimeja tidak akan membunuh Anda, tetapi penelitian telah menunjukan bahwa hal itu tidak sehat tidak seperti yang Anda bayangkan. Untuk itu kita membuat beberapa perubahan dengan sedikit usaha.

OLAHRAGA

Meskipun ini mungkin adalah tips yang paling utama dari daftar tersebut, berolahraga secara teratur adalah sesuatu yang banyak developer cenderung lupa atau mengabaikannya. Tidak perlu untuk menjadi Ironman berikutnya, tapi melakukan beberapa bentuk olahraga sederhana yang memiliki sejumlah manfaat yang akan membuat Anda sehat, bugar dan fokus.

Jika Anda pergi bekerja dengan sepeda atau jalan kaki, maka Anda sudah termasuk olahraga. Berolahraga secara teratur memiliki berbagai manfaat yang akan membayar dividen dalam jangka panjang. Itu membuat tubuh bugar, meningkatkan kesehatan Anda, dan itu juga membuat Anda secara mental lebih tangguh. Dan terlebih lagi jika pekerjaan Anda adalah stres atau berat secara mental.

exercise

Cedera regangan berulang (RSI) adalah masalah umum di antara programmer. Dan olahraga dapat membantu mencegah RSI atau mengurangi gejalanya. Ada banyak teknik yang dapat digunakan untuk mencegah RSI dan olahraga ini pasti cara termudah dan paling murah.

TIDUR

Tips ini penting terutama jika Anda masih dalam usia remaja atau dua puluhan. Pada usia ini, programmer cenderung lupa bahwa mereka adalah makhluk hidup. Suatu saat ketika berusia tiga puluhan akan merasakan bagaimana rasanya dan akan berfikir tidak ada yang bisa menghentikan Anda dalam pencarian untuk menaklukan dunia. Begadang adalah sesuatu yang tidak akan membunuh Anda tapi akan mengganggu kesehatan Anda jika tidak berhati-hati. Semakin tua Anda, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memulihkan diri dari tidur malam. Begadang mungkin diperlukan pada kesempatan tertentu, tetapi menghormati kesehatan Anda dengan tidak membuatnya menjadi kebiasaan.

Tidur adalah sesuatu yang dibutuhkan Anda untuk memulihkan tubuh dari hari sebelumnya dan tetap fit. Saat tidur tubuh me-reboot otak Anda dan memperbaiki kerusakan yang terjadi pada siang hari. Penelitian telah menunjukan bahwa mendapatkan tidur yang cukup secara signifikan meningkatkan fokus Anda pada siang hari, meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, dan bahkan meningkatkan memori Anda.

sleep

Penelitian juga menunjukan bahwa Anda tidak dapat mengejar tidur. Jika Anda hanya mendapatkan empat jam tidur pada hari senin, maka itu tidak akan membantu untuk tidur sepuluh jam tidur pada hari selasa. Perlu diingat bahwa akan memiliki konsekuensi jika Anda tidak hati-hati.

POSTUR

Postur tubuh yang buruk adalah masalah umum akhir-akhir ini. Bahkan jika dikantor Anda dilengkapi dengan meja yang nyaman dengan kursi ergonomis, penting untuk menyadari postur tubuh Anda. Ha ini mungkin tidak terlalu penting ketika Anda berusia dua puluhan, tetapi jumlah orang muda yang menderita luka kronis yang disebabkan oleh postur tubuh yang buruk sangat mengkhawatirkan dan semakin naik.

Penelitian telah menunjukan bahwa duduk di kursi dalam jangka waktu yang lama tidak sehat karena berbagai alasan. Beberapa programmer menyelesaikan ini dengan menggunakan standing desk. Jika Anda belum pernah mendengar standing desk, itu persis seperti yang ada pada gambar. Meja berdiri bahkan tidak harus mahal.

postur

Jika standing desk adalah sesuatu yang ingin Anda coba, maka perhitungkan bahwa tubuh Anda perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan setup baru Anda. Dianjurkan untuk secara bertahap menaikan porsi waktu Anda untuk dihabiskan bekerja di standing desk. Apakah Anda juga dapat membakar kalori hanya dengan berdiri saat Anda bekerja?

KAFEIN

Seperti kebanyakan orang, “Saya suka, gemar, cinta kopi”. Sangat sedikit programmer yang tidak menggunakan atau menyalahgunakan kafein sebagai sumber asupan sepanjang hari. Beberapa memilih untuk minum kopi atau teh sementara yang lain ada juga dengan minuman berenergi. Sementara tidak ada yang salah dengan kafein yang memiliki beberapa manfaat. Tapi jika disalahgunakan akan mengganggu kesehatan metabolisme Anda.

Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa kafein dijadikan sebagai asupan utama untuk tubuh Anda. Meskipun sebagian besar minuman berenergi yang tinggi kalori, sedangkan kafein sendiri tidak mengandung kalori. Kafein tidak lebih dari sebuah molekul yang berinteraksi langsung dengan sistem saraf pusat Anda.

Selama bertahun-tahun, para peneliti telah menemukan sejumlah temuan menarik tentang kafein dan bagaimana kafein mempengaruhi kinerja orang. Misalnya, orang yang mengkonsumsi kafein secara teratur butuh kafein untuk berfungsi dengan baik (kecanduan). Ini adalah sesuatu yang kebanyakan orang tahu, tapi mereka meremehkannya. Jika Anda telah menggunakan kafein selama beberapa minggu atau bulan, maka Anda perlu dosis kafein tetap setara dengan orang yang tidak tergantung pada kafein.

coffee

Jika mesin pembuat kopi di tempat kerja rusak, maka Anda akan memiliki hari yang melelahkan didepan Anda, tergantung pada banyaknya kafein yang digunakan tubuh Anda. Melepaska kafein dengan diet tidak mudah bagi kebanyakan orang, terutama jika Anda bekerja dilingkungan yang penuh tekanan. Bagi yang sudah melalakukannya dan merasakan sendiri beberapa hari pertama menjadi terasa sangat berat.

Kafein membuat ketagihan dan semua itu terlalu mudah untuk kembali lagi minum kopi ketika Anda membutuhkan sedikit tambahan energi. Tapi mengapa Anda tidak mau menghentikan kebiasaan meminum kafein? Manfaat yang paling penting adalah Anda akan banyak tidur dan itu jauh lebih baik. Manfaat utama lainnya adalah Anda tidak lagi bergantung pada fungsi kafein. Apakah Anda perlu energi ekstra? Pergi untuk berjalan akan mendapatkan jumlah energi yang akan Anda dapatkan dari sesuatu yang sederhana seperti lima mil berjalan.

KESEIMBANGAN

Menemukan keseimbangan dalam hidup Anda tidak selalu mudah. Jika Anda memiliki pekerjaan yang menuntut segerombolan tanggung jawab, maka mungkin sulit untuk offline dalam jangka waktu yang lama. Tidak peduli apa yang Anda lakukan untuk menemukan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan.

family-playing-video-games

Setiap orang membutuhkan beberapa waktu untuk mendekompres dan bersantai. Membuat perbedaan yang jelas antara kerja dan kehidupan yang benar-benar dapat membantu mengisi ulang baterai Anda. Anda akan dapat menghabiskan waktu dengan keluarga Anda tanpa terganggu oleh pekerjaan. Singkirkan ponsel Anda dan tidak memeriksa email ketika menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga. Ini benar-benar membantu memulihkan untuk mempersiapkan hari berikutnya.

DIET

Tak perlu dikatakan bahwa diet yang sehat merupakan hal yang terpenting dari gaya hidup yang sehat. Tidak berarti bahwa kita kita boleh makan makanan ringan atau bahkan tidak makan sama sekali. Diet disini berarti membuat kita sadar apa yang Anda makan dan kapan Anda memakannya. Tindakan sederhana dapat membuat perubahan dunia.

fruit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kopi hitam tidak mengandung kalori sehingga itu bukan ide yang baik jika hanya minum kopi sepanjang hari. Pastikan untuk mengambil waktu untuk sarapan dipagi hari dan mengambil waktu istirahat sejenak saat makan siang.

Apakah Anda juga menikmati tidur malam dengan baik? Maka sangat penting untuk tidak makan berlebihan dimalam hari dan tidak telat makan. Jika tubuh Anda masih memproses makan malam ketika Anda pergi ke tempat tidur, maka Anda tidak akan punya banyak waktu untuk istirahat. Sebuah gaya hidup sehat bukan seperti roket.

DISCONECT

Kekuatan dan kemampuan smartphone modern dan smartwatches menakjubkan. Yang memungkinkan kita untuk terhubung dengan teman dan keluarga kemana pun kita pergi. Sangat senang jika ada seseorang memfavoritkan tweet Anda dan berteman dengan Anda di facebook. Benarkan?

disconnect

Saya percaya bahwa ada saat-saat yang Anda butuhkan untuk memutuskan menempatkan komputer Anda ke samping, matikan telepon Anda, lepaskan koneksi internet. Hal itu membuat perasaan yang luar biasa meninggalkan smart device Anda dirumah dan pergi jalan-jalan dihutan dan ditaman. Pikiran Anda akan tenang dengan hal itu.

Menikmati lingkungan dan yang lebih penting merasakan bahwa tidak ada yang akan menelepon ataupun menghubungi Anda. Beberapa dari kita menjadi ketagihan untuk terhubung dengan dunia maya, bahkan ada yang merasa cemas jika smartphone mereka tidak berada dalam jangkauan tangan. Jika Anda termasuk didalamnya, maka mungkin ini merupakan bel peringatan dini bahwa sudah waktunya untuk perlahan menghentikan kecanduan tersebut, meskipun itu hanya untuk sepuluh atau lima belas menit.

KESIMPULAN

Saat ini kita dibanjiri dengan informasi sejak saat kita bangun tidur sampai tidur lagi. Tidak diperlukan seorang yang jenius untuk mengetahui bahwa kita perlu mengambil istirahat dari waktu ke waktu. Kombinasikan ini dengan olahraga dan diet yang sehat, dan Anda akan memiliki bahan untuk karir yang sukses sebagai seorang programmer. Tips apa yang Anda miliki untuk gaya hidup sehat?

Comments

comments